Mesin Cetak Bata Merah Full Otomatis


Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang masih banyak dipakai oleh masyarakat hingga saat ini. Industri-industri batu bata di Indonesia sendiri telah berkembang pesat mulai dari industri berskala besar hingga industri berskala kecil pada industri berskala besar penggunaan mesin-mesin pembuat batu bata telah memadai dan dapat menghasilkan batu bata dalam jumlah besar per harinya. Tetapi pada industri skala kecil proses pembuatan masih dilakukan dengan cara tradisional dan tentunya akan menghasilkan jumlah batu bata yang relatif lebih kecil dibanding industri besar. 

Bata merah, sebagai komponen utama penyusun sebuah bangunan, dibuat dari tanah liat dengan atau tanpa campuran bahan lain, dibakar pada suhu tinggi hingga tidak hancur lagi bila direndam di dalam air. Dalam pembuatan bata merah diperlukan tanah liat yang berkualitas bagus, akan tetapi jika terlalu banyak tanah liat tanpa kandungan pasir akan berakibat susutan bata cukup besar selama pengeringan dan pembakaran, juga retak dan melengkung.

Jenis Batu Bata 

  1. Batu Bata Tanah Liat

Batu bata tanah liat terbuat dari tanah liat dengan 2 kategori yaitu bata biasa dan bata muka. Bata biasa memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu, bata ini digunakan untuk dinding dengan menggunakan campuran warna semen sebagai pengikat. Bata jenis ini sering disebut sebagai bata merah. Bata merah memiliki permukaan yang baik dan licin dan mempunyai warna dan corak seragam. DIsamping dipergunakan sebagai dinding juga sebagai penutup dan sebagai dekoratif,

  1. Batu Bata Pasir – Kapur

Sesuai dengan namanya bata ini dibuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1: 8 serta air yang ditekankan kedalam campuran sehingga membentuk batu bata.

Mencetak Batu bata dengan Mesin Pencetak Bata Merah

Seperti yang telah diuraikan diatas, salah satu penyebab pembuatan batu bata yang masih dengan cara konvensional dan lama. Kehadiran mesin cetak batu bata bisa menjadikan solusi permintaan batu bata yang terus meningkat.

Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan suatu mesin pencetak batu bata. Sehingga dengan mesin pencetak batu bata. Sehingga dengan mesin pencetak batu bata ini pembuatan batu bata menjadi singkat dan jumlah batu bata yang dihasilkan juga lebih banyak.

Spesifikasi Mesin Cetak Bata Merah 12D

  • Dimensi Mesin : 310 cm x 80 cm x 100 cm
  • Rangka : UNP 10
  • Penggerak : Diesel Min 24 HP

Keunggulan Menggunakan Mesin Pencetak Bata Merah

  • Keunggulan dari pencetak batu bata ini yaitu mampu mencetak batu bata dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. 
  • Meningkatkan kapasitas produksi dengan proses yang lebih cepat, pengolahan bahan baku dan proses pencetakan dari cara manual diubah menjadi proses pencetakan menggunakan mesin.
  • Membantu meringankan tenaga sdm pada industri maupun usaha kecil yang ada pada pedesaan.

Untuk info stock produk mesin dan penawaran bisa menghubungi kami di :


Leave a Reply

Your email address will not be published.